Apr 10, 2013

Aku Sudah Lancar Bahasa Indonesia, kan?

A few of my Indonesian friends who've seen my blog asked me to do a post in Bahasa Indonesia, so here goes. 

Halo! Haha lama sesudah teman-teman saya bilang, "Katie, kamu harus coba tulis satu pesan di blogmu pakai bahasa aja!", trus, sekarang saya coba. Saya ingin waktu saya naik pasawat ke Indonesia dari Chicago, U.S.A., saya coba baca buku saya yang namanya Indonesian for Beginners. Saya coba baca, tapi, sangat susah untuk saya! Stress sekali! Sebelum saya datang ke Indonesia bulan Agustus, saya bisa bilang halo dan terima kasih aja. Itu aja. Tapi sekarang, saya masih pelajar Bahasa Indonesia setiap hari, tapi ada banyak orang Indonesia yang bilang sama saya "Adu! Bagaimana kamu sudah lancar Bahasa Indonesia, bule?!". Saya masih punya salah dengan grammar, mungkin itu karena saya belum ikut kelas Bahasa Indonesia, saya pelajar dengan teman-teman dan di rumahku di sini aja. Dan sekarang, mimpiku pakai Bahasa Indonesia! Haha, betul, saya masih orang bule, tapi hatiku sekarang dengan Indonesia, bukan negra lain. Setiap hari, kalau saya punya waktu, saya pergi jalan-jalan dan bicara sama orang Indonesia tentang budaya Indonesia, ato saya tanya mereka tentang ada apa yang beda di Indonesia dan Amerika (semuah!). Sebelum saya ikut Rotary di sini, waktu saya masih di Amerika, saya ingin saya sidikit takut. Saya belum perna ke Asia! Saya belum punya teman-teman di Indonesia! Saya bisa makan apa?! Tapi sekarang, saya pikir berpikiranku jadi Indonesian, bukan Amerikan! Begini, di Chicago, saya selalu pikir sendiri aja. Seperti- acara ini bagus untuk aku bagaimana? Aku mau ini, aku mau itu, ada apa yang terbaik untuk aku? Tapi di Indonesia, saya lihat ada komunitas di sini. Sekarang, saya pikir tentang keluarga saya di sini pertama, teman-teman saya kedua dan saya terahir. Dan- saya lebih senang! Haha. 
Saya tahu, pasti, saya rindu Indonesia nanti waktu saya harus pulang ke Amerika- (saya malas pulang! Tapi jangan bilang itu sama orang tuaku di Amerika!) 
Nanti waktu saya sudah selasai kolia di universitas di Amerika, saya mau kerja di Indonesia. Mungkin aku bisa berkerja di EF seperti guru bahasa inggris, ato dengan seswatu di alam ato di huntan di sini dengan konservasi. 
Dan mungkin karena saya dari kota besar di Amerika, tapi saya lebih senang kalau saya di kampung. Saya suka sekali hidupku di Surabaya, tapi, saya lebih suka komunitas di kampung. Mungkin saya bisa tinggal di Lombok ato kota kecil di Bali... 
Sekarang, saya sudah janji adiktku saya bisa ikut dia nonton film yang baru, namanya Oz di bioskop. Trus, sampai kita bicara lagi! 
Damn, aku cinta Indonesia! :)



No comments: